Timika – Divisi Pelayanan Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Papua menyelenggarakan Workshop Kekayaan Intelektual pada hari Kamis, 9 Mei 2019 bertempat di ruang pertemuan Hotel Horison, Timika. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIT.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Max Wambrauw. Hadir sebagai narasumber, Direktur Hak Cipta dan Desain Industri, Dr. Molan Karim Tarigan, S.H., M.H. dan Pemeriksa Desain Ahli Madya, Totok Rikanto, S.T. Dalam workshop kali ini diberikan materi mengenai pengenalan organisasi Ditjen Kekayaan Intelektual dan pentingnya pendaftaran hasil karya/desain industri ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, serta timbal baliknya bagi pelaku usaha dan kemajuan daerah Timika.

Workshop tersebut dihadiri sekitar 37 orang yang terdiri dari para pelaku usaha di Timika serta lembaga dan instansi yang berkepentingan di dalam dunia perindustrian di Timika. Diharapkan dengan adanya workshop ini mampu mengembangkan dunia industri di Timika dan membantu para pelaku usaha agar mendapatkan perlindungan hukum di dalam dunia usahanya.

KUNJUNGAN KE KANTOR IMIGRASI MIMIKA

Pada hari berikutnya, Jumat 10 Mei 2019, Dr. Molan Karim Tarigan, S.H., M.H. mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika untuk meninjau proses pelayanan keimigrasian dan memberikan masukan mengenai perubahan layout pelayanan yang sedang dalam tahap renovasi. Di antara masukan dari beliau adalah, pelayanan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, khususnya Imigrasi harus mengedepankan pelayanan ramah HAM untuk disabilitas, manula, ibu hamil dan anak-anak yaitu dengan menyediakan:

1. Akses untuk pemohon disabilitas dan manula.
i) Area parkir khusus untuk pemohon disabilitas yang letaknya dekat dengan pintu masuk; dan lebih luas dari parkir pemohon normal.
ii) Jalur untuk kursi roda, diusahakan kemiringannya tidak lebih dari 20 derajat agar memudahkan akses bagi pemohon yang menggunakan kursi roda.
iii) Antrian permohonan di prioritaskan/tidak disatukan dengan antrian umum.

2. Fasilitas untuk ibu hamil dan menyusui
i) Dibuatkan ruang Pojok ASI.
ii) Antrian permohonan di prioritaskan/tidak disatukan dengan antrian umum.

3. Disediakan area khusus bermain untuk anak-anak.

HUMAS KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI MIMIKA
WEB : mimika.imigrasi.go.id
IG & TWITTER : @imigrasi_mimika
FB : imigrasi mimika
Youtube : imigrasi mimika official
Whatsapp : 0811 4911 221

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.