Timika (01/11), Acara Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penggunaan TKA dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 10 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kab Mimika dilaksanakan tanggal pada hari Kamis (01/11) bertempat di Hotel Ultima Horison kota Timika.

Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan dengan Narasumber Ari Yusman yang menjabat Kepala Seksi RPTKA Sektor Pertanian Maritim dari Direktorat Penggunaan Tenaga Kerja Asing dari Kementerian Ketenagakerjaan dan Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Djaloe Wisanggeni dihadiri oleh perwakilan manajemen perusahaan dikota Timika yang mempekerjakan Tenaga Kerja Asing diantaranya dari PT. Freeport Indonesia, RUC, Redpath, JDA, Trakindo, Sandvik dan lain-lain.

Narasumber menjelaskan latar belakang diterbitkannya Perpres 20 Tahun 2018 adalah untuk meningkatkan daya saing melalui Deregulasi dan Debirokrasi, mempermudah prosedur melalui sistem online dengan sistem terintegrasi penuh dan memastikan serta memfasilitasi kepastian berusaha.

Pada prinsipnya pemerintah mengutamakan Tenaga Kerja Indonesia pada semua jenis jabatan, penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) hanya dalam hubungan sponsorship, untuk jabatan dan waktu tertentu serta mempertimbangkan kondisi pasar kerja dalam negeri. Tenaga Kerja Asing hanya dapat menduduki jabatan yang belum dapat diduduki Tenaga Kerja Indonesia.

Terdapat beberapa penyederhanaan Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing bila dibandingkan antara Peraturan Menteri sebelumnya yaitu Permen No 16 jo. 35/2015 dengan Peraturan Menteri yang terbaru yaitu Permen No 10 Tahun 2018 adalah bila sebelumnya izin penggunaan tenaga kerja asing kita mengenal Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) untuk sekarang izin penggunaannya adalah Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) dan dalam pengesahan penggunaan TKA untuk saat ini menggunakan RPTKA dan Notifikasi. Untuk waktu pelayanan yang sebelumnya memakan waktu 6 hari sekarang hanya membutuhkan waktu 4 hari kerja untuk proses pengurusan izin bekerja dan untuk izin tinggal yang sebelumnya 14 hari kerja menjadi hanya 2 hari saja proses di Imigrasi.

Dengan skema One Single Submission untuk proses permohonan Izin Bekerja sekaligus Visa Tinggal Terbatas (VITAS) dan Izin Tinggal Terbatas (ITAS) bisa didapat melalui beberapa tahapan diantaranya dengan mengirim permohonan di Kemnaker RI kemudian setelah melakukan pembayaran online akan dikirim Notifikasi PTKA ke Direktorat Jenderal Imigrasi kemudian dikirim surat persetujuan ke Kantor Perwakilan RI di Luar Negeri dan setelah calon Tenaga Kerja sampai di Indonesia TKA tersebut langsung melakukan proses biometrik di Tempat Pemeriksaan Imigrasi baru setelah itu mendapatkan Izin Tinggal di Indonesia dan apabila telah habis bisa mengurus perpanjangan izin tinggal lagi di Kantor Imigrasi terdekat.

INSARKOM KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI MIMIKA
WEB: mimika.imigrasi.go.id
IG & TWITTER: @imigrasi_mimika
FB: Imigrasi mimika
Youtube: Imigrasi Mimika Offcial
Whatsapp: 0811 4911 221

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here