Timika (08/07/2020) – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika menggelar kegiatan Rapat Dalam Kantor (RDK) dengan tema “PENINGKATAN PELAYANAN KEIMIGRASIAN DI ERA KENORMALAN BARU”, dengan narasumber Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, Cucu Koswala, S.H., M.Si, dan moderator Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Papua, Friece Sumolang. Kegiatan diikuti oleh 30 (tiga puluh) ASN Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya selanjutnya laporan dari Kakanim Mimika Jesaja Samuel Enock, dalam laporannya disampaikan Pelaksanaan fungsi pelayanan dalam Tatanan Normal Baru pada Kantor Imigrasi Mimika dan Unit Kerja Keimigrasian (UKK) pada Distrik Tembagapura. Sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-GR.01.01-0946 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Keimigrasian dalam masa tatanan Normal Baru, dimana kanim mimika telah menerapkan Protokol Kesehatan dalam pelayanan Keimigrasian.

Selanjutnya terkait dengan penetapan Kanim Mimika sebagai salah satu UPT yang melayani pemberian E- Paspor pada tahun 2020, pelaksanaannya tinggal menunggu pengiriman perangkat tambahan USB Dongle dari Direktorat Jenderal Imigrasi.

Untuk meningkatkan pelayanan Keimigrasian terhadap masyarakat dan dalam usaha mendukung Kantor Imigrasi Mimika menuju Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Kanim Mimika telah membuat beberapa inovasi dalam hal pelayanan diantaranya adalah KAMI PAPEDA (Kanim Mimika Pelayanan Paspor Emergency atau Darurat), KAMI PRIMA (Kanim Mimika Prioritas Melayani) pelayanan untuk kelompok Rentan dan Disabilitas, KAMI PALING OK (Kanim Mimika Pelayanan Paspor Keliling Orientasi Keterjangkauan), dan KAMI IWAKA (Kanim Mimika Informasi Whatsapp Keimigrasian)

Dalam kesempatan ini dilaporkan juga mengenai pembangunan POS Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Amamapare yang sudah mencapai 90% dan direncanakan dapat beroperasi akhir bulan ini.

Selanjutnya dilaporkan perihal statistik pelayanan Paspor dan Izin Tinggal periode Januari-Juni 2020 dimana mengalami penurunan dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019 akibat pandemi Covid-19 yang berakibat menurunnya Realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika.

Kegiatan selanjutnya penyampaian materi oleh Narasumber Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Cucu Koswala, S.H., M.Si, beliau menyampaikan materi “Edukasi Layanan Keimigrasian di Era Kenormalan Baru”, dimana tatanan kebiasaan dan perilaku yang baru berbasis pada adaptasi untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat yang bertujuan mempercepat penanganan Covid-19 dalam aspek Kesehatan dan Sosial Ekonomi. Terkait dengan layanan Keimigrasian setiap UPT (Unit Pelaksana Teknis) wajib menjalankan protokol kesehatan dalam tatanan normal baru ini diantaranya menyiapkan sarana dan prasarana seperti Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, Sarung tangan Karet, Face Shield/Pelindung Wajah untuk petugas, tempat cuci tangan, pengukuran suhu tubuh terhadap pegawai dan pengunjung, serta pemasangan tirai transparan pemisah antara pemohon dengan petugas.

Penyampaian materi oleh Narasumber Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Cucu Koswala, S.H., M.Si

Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan juga usaha Direktorat Jenderal Imigrasi dalam meningkatkan penerimaan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dengan meluncurkan program EAZY PASPOR dengan Tag Line “Kamu dirumah saja, Imigrasi yang datangin kamu”, dimana Kantor Imigrasi harus aktif melakukan penawaran program layanan Eazy Paspor ini kepada Perkantoran Pemerintahan, Swasta, BUMN, Perumahan, Sekolah/Pesantren dan Komunitas/Organisasi dimana layanan ini juga harus tetap berpedoman pada protokol kesehatan.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan diakhiri dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri.

HUMAS KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI MIMIKA
WEB : mimika.imigrasi.go.id
IG & TWITTER : @imigrasi_mimika
FB : imigrasi mimika
Youtube : imigrasi mimika official
Whatsapp : 0811 4911 221

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.