Timika,21/10/2020 Kantor Imigrasi Mimika kembali menyelenggarakan Rapat Tim PORA (Pengawasan Orang Asing) tingkat Distrik yang digelar pada hari Selasa tanggal 21 Oktober 2020 di Distrik Mimika Timur. Kegiatan rapat yang dilaksanakan di Aula Kantor Distrik ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (menggunakan masker, menjaga jarak dan pengukuran suhu tubuh serta mencuci tangan sebelum memasuki ruang rapat)

Kegiatan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing ini dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Mimika, Jesaja Samuel Enock, dan berlangsung pada Kantor Distrik Mimika Timur dan dihadiri oleh unsur Muspika Distrik Mimika Timur, antara lain Kapolsek, Danramil, para lurah dan kepala kampung serta perwakilan Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam),

Rapat diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Distrik, Yulianus Pinimet. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan Rapat Tim PORA ini sangat penting karena di wilayah Distrik Mimika Timur terdapat banyak pintu masuk ke wilayah Mimika. Sehingga dibutuhkan lagi sinergitas dan koordinasi yang lebih baik lagi antar instansi dalam menjaga pintu masuk tersebut agar lebih mudah untuk mendeteksi keberadaan Orang Asing yang akan masuk ke wilayah Mimika khususnya wilayah Distrik Mimika Timur.

Sambutan Kepala Kantor Imigrasi Mimika Jesaja Samuel Enock

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Kakanim Mimika sekaligus membuka kegiatan. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa rapat Tim PORA ini merupakan yang kesekian kali diadakan di Distrik Mimika Timur yang diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antar anggota. Beliau mengingatkan bahwa wilayah mimika timur merupakan salah satu jalan masuk lalu lintas orang dan barang yaitu dengan adanya Pelabuhan Rakyat Poumako, dengan begitu beliau berharap dukungan ke depan semakin ditingkatkan peran aktif dari seluruh anggota Tim PORA terkait pengawasan orang asing yang masuk ke wilayah mimika. Sambutan diakhiri dengan pemukulan tifa sebagai tanda dibukanya rapat Tim PORA.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan masker gratis oleh Kakanim Mimika Kepada Masyarakat Distrik Mimika Timur yang diterima secara simbolis oleh Kepala Distrik. Pemberian Masker gratis ini dilaksanakan dalam rangka rangkaian kegiatan memperingati Hari Dharma Karyadhika Tahun 2020 yang akan jatuh pada tanggal 30 Oktober 2020.

Rapat dilanjutkan dengan pemberian materi Pengawasan Keimigrasian dan Fungsi TIMPORA oleh Kakanim Mimika, dalam materinya beliau menjelaskan dasar hukum dan maksud serta tujuan pembentukan Tim PORA, wilayah kerja dan tugas Tim PORA khususnya di tingkat distrik, dipaparkan juga informasi mengenai data WNA yang tinggal dan bekerja di wilayah Distrik Mimika Timur serta isu-isu aktual mengenai kegiatan WNA yang perlu diwaspadai bersama. Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa dalam Rapat Tim PORA kali ini akan lebih banyak interaksi sehingga akan tercipta kesolidan dan koordinasi yang lebih baik dalam pengawasan orang asing.

Rapat dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri.

HUMAS KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI MIMIKA
WEB : mimika.imigrasi.go.id
IG & TWITTER : @imigrasi_mimika
FB : imigrasi mimika
Youtube : imigrasi mimika official
Whatsapp : 0811 4911 221

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.