Tembagapura, 26 November 2018 Bertempat di Distrik Tembagapura Kabupaten Timika, pembukaan serta peresmian Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika berjalan dengan baik dan sukses.

PERESMIAN UNIT KERJA KEIMIGRASIAN (UKK) KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI MIMIKA di TEMBAGAPURA

Hadir dalam peresmian UKK yaitu Direktur Jenderal Imigrasi, Dr. Ronny F Sompie, Plt. Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), Prof. Benny Riyanto, Sekretaris BPHN Audy Murfi, Direktur SISTIK Alief Suadi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua, Iwan Santoso, Bupati Mimika yang diwakili oleh Asisten I SETDA Kabupaten Mimika, Demianus Katiop, Pimpinan PT. Freeport Indonesia, Kepala Divisi Keimigrasian, Hermansyah Siregar, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Max Wambrauw, Forkompimda Kabupaten Mimika, Ka Kanim Kelas II TPI mimika Jesaya Samuel Enock dan Ka-UPT Keimigrasian di jajaran Kanwil Kemenkumham Papua.

“PT.Freeport Indonesia sangat berterima kasih dan menghargai atas terwujudnya kantor di Tembagapura ini, karena dengan adanya Unit Kerja Keimigrasian (UKK) ini sangat membantu pelaksanaan operasional perusahaan,” ungkap Achmad Didi Ardianto selaku Direktur Eksekutif Vice President Human Relation and Security pada PT.Freeport Indonesia

Dalam Sambutannya Kakanwil Kemenkumham Papua mengatakan bahwa Pembentukan Unit Kerja Keimigrasian Kanim Kelas II TPI Mimika melalui proses yang cukup panjang. “Pembentukan Unit Kerja Keimigrasian Kanim Kelas II TPI Mimika ini melalui proses yang cukup panjang dirintis pada tahun 2017 oleh Ka Kanwil Kemenkumham Papua dan Kadiv Keimigrasian yang terdahulu sampai dengan hari ini akan dilaksanakan Peresmiannya Oleh Direktur Jenderal Imigrasi bapak Ronny F Sompie. pembentukan Unit Kerja Keimigrasian (UKK) tidak berhenti sampai disini, kami terus meningkatkan sinergitas dan Koordinasi kepada Pemerintah Daerah kabupaten lainnya yang berada di Papua agar terbentuk Unit Kerja Keimigrasian pada Pemerintah Kabupaten tersebut. Dari 29 kabupaten/kota minimal setengahnya dapat terbentuk UKK” ungkap Iwan Santoso.

Dengan adanya UKK di distrik tembagapura dapat membantu proses pelayanan keimigrasian baik itu dari PT.Freeport Indonesia maupun masyarakat sekitar. “dengan terbentuknya UKK ini diharapkan dapat membantu masyarakat maupun PT.Freeport Indonesia yang membutuhkan Pelayanan Keimigrasian” harap Iwan Santoso.

Sementara itu, Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F Sompie mengatakan bahwa UKK yang diresmikan di Distrik Tembagapura merupakan Ujung Tombak Kanim Kelas II TPI Mimika dalam menjangkau masyarakat distrik Tembagapura dan PTFI untuk mendapatkan pelayanan keimigrasian. “UKK yang pada hari ini diresmikan merupakan ujunh tombak Kanim Kelas II TPI Mimika dalam memberikan pelayanan Keimigrasian kepada masyarakat maupun PTFI, walaupun saat ini belum lengkap hardware dan sistemnya namun setelah peresmian UKK ini jika ada yang ingin berkoordinasi terkait dokumen keimigrasian sudah dapat dilayani sambil menunggu pemasangan kelengkapan tersebut” kata Ronny F Sompie.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa sinergitas dan kolaborasi segenap Instansi sangat dibutuhkan untuk memajukan perekonomian bangsa Indonesia “sinergitas serta kolaborasi yang baik dari Instansi pemerintah,Kementerian/lembaga,Swasta,para jurnalis dan media sangat diperlukan guna memajukan perekonomian Indonesia” ungkap Ronny F Sompie

Pada Kesempatan tersebut Bupati Mimika yang diwakili oleh Asisten I SETDA Kabupaten Mimika Demianus katiop mengucapkan Terima Kasih Kepada Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua dalam Hal ini Kanim Kelas II TPI Mimika atas terbentuknya UKK di distrik Tembagapura. “Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan mendukung serta turut mensukseskan pembentukan dan peresmian UKK di distrik Tembagapura khususnya Direktur Jenderal Imigrasi, Ka Kanwil Kemenkumham Papua, dan Kanim Kelas II TPI Mimika dan diharapkan kedepannya kerjasama yang baik ini dapat ditingkatkan”.kata Demianus Katiop.

Dengan penandatangan prasasti dan pemotongan pita yang dilalukan oleh Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F Sompie, Unit Kerja Keimigrasian Tembagapura resmi dibuka.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.