Penggantian Paspor Rusak

Paspor adalah dokumen negara, maka pemegangnya diminta untuk hati-hati dalam menyimpan dan menjaganya, agar tidak rusak.

  1. Apabila paspor rusak, diminta agar segera melapor ke Kantor Imigrasi
    dimana pemegang berdomisili untuk meminta penggantian dengan membawa
    paspor   yang rusak tersebut.
  2. Penggantian paspor yang rusak, dilaksanakan setelah melalui Berita Acara Pemeriksaan dan mendapat persetujuan Kepala Kantor Imigrasi.
  3. Apabila dalam pemeriksaan ditemukan adanya unsur kecerobohan atau
    kelalaian, disertai alasan yang tidak dapat diterima,pemberian paspor
    dapat ditangguhkan selama 6 (enam) bulan sampai paling lama 2 (dua)
    tahun.
  4. Apabila paspor rusak di luar negeri, laporlah segera kepada Perwakilan RI di luar negeri.

Hati-hatilah dalam menyimpan dan menjaga paspor anda, Paspor anda
dapat dipergunakan oleh orang lain untuk hal hal yang  dapat merugikan
anda.

Prosedur Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Paspor Rusak

Persyaratan :

  1. Sesuai syarat-syarat permohonan paspor;
  2. Melampirkan paspor yang rusak.

Proses BAP :

  1. Proses pembuatan Berita Acara Pemeriksaan;
  2. Proses pembuatan Berita Acara Pendapat;
  3. Keputusan persetujuan/penangguhan oleh Kepala Kantor Imigrasi;
  4. Pengambilan nomor antrian permohonan paspor jika permohonan disetujui;
  5. Membayar biaya paspor hilang sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesai Nomor 45 Tahun 2014.

 ** Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika dalam 1 hari melayani kuota 12 Berita Acara Pemeriksaan Paspor Hilang/Rusak dengan antrian secara langsung (walk-in).