Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika Memperoleh Nilai Baik Pada Survey Indeks Kepuasan Masyarakat

Pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah saat ini belum memenuhi harapan masyarakat. Hal ini dapat diketahui dari berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan melalui media masa maupun media sosial, sehingga memberikan dampak buruk terhadap pelayanan pemerintah, yang menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan public adalah melakukan Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) kepada pengguna layanan. Mengingat jenis layanan publik sangat beragam dengan sifat dan karakteristik yang berbeda, maka Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dapat menggunakan metode dan teknik survey yang sesuai dengan kebutuhan pengguna layanan Keimigrasian. Berdasarkan hal tersebut Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika melaksanakan survey IKM dalam rangka pelaksaaan “PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik” dengan menggunakan 9 (Sembilan) ruang lingkup variabel pengukuran.

Adapun sasaran-sasaran Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah:

  1. Mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika;
  2. Mendorong penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas Pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika;
  3. Mendorong penyelenggara pelayanan menjadi lebih inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan publik.

IKM Mimika

Berdasarkan hasil analisis data terhadap data penelitian yang telah dilakukan pada periode 1 April 2019 – 26 Juli 2019, disimpulkan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pengguna layanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika sebesar 84,82 dan berada pada kategori BAIK. Survey dilakukan kepada 179 responden dengan rincian 102 orang laki-laki dan 77 orang perempuan.

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pengguna layanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika, berdasarkan peringkat ruang lingkupnya, diperoleh kepuasan responden paling tinggi berada pada ruang lingkup “Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan”.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.