Timika, Jumat 26 April 2019, Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Imigrasi Mimika Nomor W.30.IMI.IMI.3.GR.04.05-479 tanggal 24 April 2019 Tentang Tindakan Keimigrasian terhadap Hou Yu Wen dan Surat keputusan Kepala Kantor Imigrasi Mimika Nomor W.30.IMI.IMI.3.GR.04.05-498 dan 506 tentang Tindakan Keimigrasian terhadap Wang Yong Li dan Zhou Shun Qing, Satuan Inteldakim Kantor Imigrasi Mimika melaksanakan pendeportasian 3 (tiga) WNA asal China tersebut.

Sebagaimana diketahui ketiga WNA tersebut merupakan bagian dari 21 WNA yang terjaring dalam operasi penindakan Keimigrasian di Nabire pada bulan Juni 2018 yang lalu dan di pidana berdasarkan pasal 122 huruf a UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian yakni melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan izin tinggal keimigrasian yang diberikan. Hou Yu Wen, Wang Yong Li dan Zhou Shun Qing divonis bersalah dan telah selesai menjalani pidana selama 5 (lima) bulan 15 (lima belas) hari penjara, serta denda masing-masing Rp.10 juta berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Nabire No. 102/Pid.Sus/2018/PN.Nab tanggal 12 Desember 2018.

Ketiga WNA tersebut dideportasi setelah sebelumnya dilakukan penyerahan dari Lapas Nabire kepada Kantor Imigrasi Mimika, dan dalam pelaksanaannya ke tiga WNA tersebut di Deportasi pada hari yang berbeda, hari ini Jumat 26 April 2019 di Deportasi 2 (dua) orang laki-laki Warga Negara China yang bernama Zhou Shun Qing, dan Wang Yong Li , sebelumnya pada hari Rabu tanggal 24 april 2019 telah dideportasi satu orang perempuan Warga Negara China a.n Hou Yu Wen, ketiganya dideportasi ke negara asalnya dengan mendapat pengawalan dari petugas Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika melalui TPI Bandara Internasional Soekarno Hatta, dan nama yang bersangkutan dimasukkan ke dalam daftar Penangkalan.

Saat ini masih ada 4 (empat) WNA lainnya masih menjalani sisa hukuman dan akan dideportasi setelah masa hukuman selesai.

HUMAS KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI MIMIKA
WEB : mimika.imigrasi.go.id
IG & TWITTER : @imigrasi_mimika
FB : imigrasi mimika
Youtube : imigrasi mimika official

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.