Mimika – Kepala Kantor Imigrasi Kelas TPI Mimika, Jesaja Samuel Enock, Amd.Im., SH., memimpin rapat (meeting) secara digital melalui aplikasi live teleconference dari tempat tinggal masing-masing pada Rabu (08/04) pukul 09.00 WIT. Rapat online diikuti oleh seluruh pejabat struktural, dan seluruh ASN Kantor Imigrasi Mimika. Rapat online ini merupakan yang kedua kali dilakukan selama masa melaksanakan tugas dari tempat tinggal masing-masing (WFH). Dalam penyampaiannya, Kakanim meminta laporan dari masing-masing Kepala Seksi selama satu minggu terakhir sejak dilakukan rapat online yang pertama mulai dari Kepala Seksi Inteldakim, Kepala Seksi Lalintalkim maupun Kepala Seksi TIKKim terkait pelayanan keimigrasian dan pengawasan keimigrasian serta monitoring pelaksanaan tugas dari Tata Usaha dan ASN yang melaksanakan tugasnya dari rumah masing-masing.

Dalam laporannya, Kasi Lalintalkim melaporkan tentang permohonan Paspor masih dihentikan dan belum ada permohonan paspor yang bersifat darurat. Selanjutnya, kegiatan clearance kapal di Pelabuhan Portsite, Amamapare sudah bisa berjalan dengan normal setelah sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan bus, saat ini sudah bisa dilaksanakan dengan kendaraan kantor.

Laporan selanjutnya dari Kasi Inteldakim yang melaporkan tentang pemulangan jenazah korban penembakan di Kuala Kencana serta rencana pendetensian WNA yang akan dibebaskan dari Lapas Timika. Selain itu, Kasi Inteldakim melaporkan jumlah WNA yang berada di hotel dan penghentian beberapa kegiatan yang terkait pengawasan dan penindakan keimigrasian.

Kemudian dilanjutkan dengan laporan dari Kasi TIKKim yang melaporkan tentang pelarangan sementara WNA yang akan masuk ke Indonesia sudah disebarkan melalui website dan media sosial Kantor Imigrasi. Dan sesuai dengan surat edaran Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Republik Indonesia maka pelayanan seperti ITAS dan KITAP akan diberikan perpanjangan secara otomatis.

Selanjutnya, Kakanim menyampaikan kepada Kasubbag Tata Usaha dan Kaur Keuangan terkait dengan refocusing anggaran terkait penanganan pencegahan Covid-19 serta rencana untuk mengalihkan dana untuk pemberian bantuan kepada orang yang terdampak adanya pandemi Covid-19 ini, Kakanim juga berpesan kepada Kaur Kepegawaian agar pagawai diingatkan agar jangan sampai terlupa untuk pengisian jurnal harian dan jangan terlambat dalam pengisian absensi mandiri melalui SIMPEG.

Sebelum mengakhiri rapat online, Kakanim menyapa satu-persatu ASN yang mengikuti rapat online tersebut. Kakanim kembali mengingatkan untuk tetap berada di rumah jika memang tidak ada kepentingan yang mendesak untuk keluar rumah dan melaksanakan tugas. Kakanim mengatakan bahwa dengan kondisi saat ini, harus tetap berkoordinasi satu dengan yang lain. Terutama jika dirasakan ada gejala sakit, atau pernah memiliki riwayat bersentuhan/kontak langsung dengan pasien Covid-19 agar segera melaporkan kepada atasan agar dibantu untuk disampaikan kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Mimika. Hal ini dikarenakan sudah adanya pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Mimika.

Yang terakhir, Kakanim mengingatkan agar tidak perlu panik, selalu menjaga kesehatan dan kebersihan di sekitar tempat tinggal dan di tempat kerja. Melindungi diri dengan APD (Alat Pelindung Diri) serta menjaga jarak ketika berbicara dan tidak melakukan kontak fisik.

HUMAS KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI MIMIKA
WEB : mimika.imigrasi.go.id
IG & TWITTER : @imigrasi_mimika
FB : imigrasi mimika
Youtube : imigrasi mimika official
Whatsapp : 0811 4911 221

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.