Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika menggelar Apel Pagi pada Jumat, 14 Agustus 2020. Apel dilaksanakan di halaman Kantor Imigrasi, dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Provinsi Papua diikuti oleh Kabid HAM Kanwil Kemenkumham Provinsi Papua, Yulius Manurung, Kepala Kantor Imigrasi Mimika, Jesaja Samuel Enock, Kasubbag Humas Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi, dan pejabat struktural Kantor Imigrasi Mimika, serta seluruh ASN Kantor Imigrasi Mimika. Dalam Apel tersebut seluruh peserta apel memakai APD (Alat Pelindung Diri) berupa masker, dan sarung tangan, pelindung lengan panjang serta face shield (pelindung wajah).

Dalam amanatnya, Kadiv Keimigrasian menyampaikan beberapa hal terkait persiapan Kanim Mimika dalam pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), Penguatan Tugas dan Fungsi Keimigrasian, dan Persiapan dalam menghadapi era kenormalan yang baru.

Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Papua Pimpin Apel Pagi

Terkait persiapan Kanim Mimika dalam pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Kadiv Keimigrasian menyampaikan bahwa lolosnya Kanim Mimika dalam tahap pertama UPT yang diusulkan untuk mendapatkan predikat WBK/WBBM merupakan kebanggaan tersendiri bagi Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Papua. Sehingga, beliau berpesan kepada tim Pokja WBK Kanim Mimika untuk mempersiapkan data-data dan dokumen pendukung yang belum dilengkapi sebelum batas waktu pengumpulan pada 17 Agustus 2020 mendatang. Kadiv berpesan agar ketua tim Pokja WBK Kanim Mimika selalu mengecek perkembangan pengunggahan data pendukung WBK. “Harapan saya dan Kakanwil bahwa kita mampu berkompetisi untuk mencapai (predikat) WBK ini. Saya yakin potensi Kanim Mimika dalam mempersiapkan hal ini sudah sangat maju. Untuk itu,hal tersebut harus dipertahankan dan terus ditingkatkan. Dan nantinya Kanim Mimika menjadi salah satu UPT yang mendapatkan predikat WBK” kata Kadiv Keimigrasian. Beliau juga berpesan untuk memperhatikan pengisian IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat) dan IPK (Indeks Persepsi Korupsi). Selain itu, dukungan seluruh ASN dan pegawai di Kantor Imigrasi Mimika juga salah satu kunci keberhasilan pembangunan ZI, sehingga diharapkan seluruh ASN dan pegawai untuk menjaga kekompakan dalam pembangunan ZI ini.

Selanjutnya, Kadiv Keimigrasian menyampaikan terkait pelaksanaan tugas dan fungsi Keimigrasian agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik. Hingga saat ini, Kanim Mimika sudah baik kinerjanya, hal ini dapat dilihat dari laporan-laporan bulanan kepada Kadiv Keimigrasian dilaporkan secara lengkap dan tepat waktu. “Kinerja yang sudah ada harus dipertahankan dan terus ditingkatkan, apalagi sudah ada langkah untuk meningkatkan kelas Kanim Mimika menjadi Kantor Imigrasi Kelas I. Mudah-mudahan gerak langkah Kanim Mimika untuk mencapai hal tersebut dapat didukung seluruh komponen di Kanim Mimika. Teamwork (kerjasama) harus dijaga untuk mencapai sebuah tujuan yang kita inginkan.” pesan Beliau.

Kadiv Keimigrasian juga menyampaikan terkait rencana Dinas PU Kabupaten Mimika yang akan melakukan pelebaran jalan, agar Kakanim segera berkoordinasi untuk pertemuan bersama Kepala Dinas PU dan Bupati untuk membahas rencana tersebut. Kadiv Keimigrasian berharap sesuai dengan rapat bersama PU sebelumnya agar dipersiapkan langkah-langkah sebelum rencana pelebaran jalan dilakukan.

Selanjutnya, Kadiv Keimigrasian memberikan waktu untuk diskusi dan tanya jawab bersama. Kakanim dalam kesempatan tersebut memberikan pertanyaan terkait surat edaran tentang lockdown di Gedung Sentra Mulya dan terkait persiapan Kanim Mimika dalam menghadapi era kenormalan yang baru. Sebelumnya, Kakanim menjelaskan bahwa saat ini Kanim Mimika sudah menerapkan protokol kesehatan ketat baik kepada ASN maupun kepada pemohon keimigrasian yang datang ke kantor imigrasi. Selain itu, sudah dilakukan penerapan WFH (Work from Home) bagi pegawai yang berumur di atas 50 tahun. Menanggapi hal tersebut, Kadiv Keimigrasian menjelaskan bahwa di Jakarta saat ini sudah banyak kantor-kantor yang menjadi cluster baru penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, terkait surat edaran lockdown di Ditjenim, jika ada masalah kesisteman mengenai layanan keimigrasian agar bisa menghubungi kontak yang sudah diberikan dalam surat edaran tersebut. Bagi ASN di UPT tetap melaksanakan tugas sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan oleh Kepala UPT masing-masing termasuk kebijakan WFHdan WFO bagi ASN. Kadiv Keimigrasian mengapresiasi langkah-langkah Kanim Mimika dalam menghadapi era kenormalan yang baru di mana seluruh pegawai sudah memakai APD lengkap, disediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer dan selalu diperiksa suhu tubuh baik pegawai maupun pemohon layanan keimigrasian. Kadiv Keimigrasian berpesan untuk selalu disiplin dalam menjaga protokol kesehatan untuk melindungi diri, keluarga, dan orang terdekat. Sesuai dengan amanat Presiden RI untuk bekerja extra ordinary, namun tetap tidak melupakan protokol kesehatan.

Di akhir amanatnya, Kadiv Keimigrasian mengucapkan terima kasih atas undangan Kanim Mimika dalam kegiatan Rapat Tim PORA di Kampung Keakwa pada Kamis lalu serta kegiatan penguatan kepada ASN Kanim Mimika pada hari ini. Beliau juga mengapresiasi kegiatan-kegiatan virtual sebelumnya yang selalu melibatkan Divisi Keimigrasian dalam pelaksanaanya. Kadiv Keimigrasian berharap kegiatan-kegiatan dan kerjasama seperti ini dapat ditingkatkan dan dapat selalu melibatkan Divisi Keimigrasian.

Apel ditutup dengan doa dan foto bersama.

HUMAS KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI MIMIKA
WEB : mimika.imigrasi.go.id
IG & TWITTER : @imigrasi_mimika
FB : imigrasi mimika
Youtube : imigrasi mimika official
Whatsapp : 0811 4911 221

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.