Indeks Kepuasan Masyarkat (IKM). Agustus-Oktober 2019

Berdasarkan hasil analisis data terhadap data penelitian ini, disimpulkan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pengguna layanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika pada periode 1 Agustus 2019 – 31 Oktober 2019 sebesar 89,11 dan berada pada kategori SANGAT BAIK. Hasil Indeks Kepuasan Masyarakat kali ini mengalami peningkatan dari Indeks Kepuasan Masyarakat periode sebelumnya yaitu sebesar 84,82.

Tabel Ruang Lingkup Pengukuran dan Norma Skor Mutu Pelayanan

Survey dilakukan kepada 186 responden dengan rincian 107 orang laki-laki dan 79 orang perempuan. Dari 186 orang responden didominasi oleh lulusan SMA sebanyak 86 orang, kemudian lulusan sarjana sebanyak 75 orang, sisanya 25 lulusan SD, 25 lulusan SMP, dan 2 lulusan di atas sarjana.

Adapun sasaran-sasaran Survey Indeks Kepuasan Masyarakat adalah,
1. Mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika;
2. Mendorong penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas Pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika;
3. Mendorong penyelenggara pelayanan menjadi lebih inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan publik.

Survey dilakukan pada ruang lingkup layanan keimigrasian yang ada di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika. Adapun kesimpulannya sebagai berikut :
1. Persyaratan Pelayanan di Kantor Imigrasi Mimika berada pada kategori “Sangat Baik“.
2. Prosedur Pelayanan di Kantor Imigrasi Mimika berada pada kategori “Sangat Baik”.
3. Waktu pelayanan di Kantor Imigrasi Mimika pada kategori “Baik“.
4. Biaya/Tarif pelayanan di Kantor Imigrasi Mimika pada kategori “Sangat Baik”.
5. Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan di Kantor Imigrasi Mimika pada kategori “Sangat Baik”.
6. Kompetensi Pelaksana Pelayanan di Kantor Imigrasi Mimika pada kategori “Sangat Baik”.
7. Perilaku Pelaksana Pelayanan di Kantor Imigrasi Mimika pada kategori “Sangat Baik”.
8. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan di Kantor Imigrasi Mimika pada kategori “Sangat Baik“.
9. Sarana dan Prasarana di Kantor Imigrasi Mimika pada kategori “Baik“.

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pengguna layanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika, berdasarkan peringkat ruang lingkupnya, diperoleh kepuasan responden paling tinggi berada pada ruang lingkup “Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan”. Sedangkan pada ruang lingkup “Persyaratan”, “Prosedur”, “Biaya Tarif”, “Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan”, “Kompetensi Pelaksana”, “Perilaku Pelaksana” mengalami peningkatan dari kategori BAIK pada Indeks Kepuasan Msyarakat periode sebelumnya menjadi SANGAT BAIK pada Indeks Kepuasan Masyarakat periode kali ini.

HUMAS KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI MIMIKA
WEB : mimika.imigrasi.go.id
IG & TWITTER : @imigrasi_mimika
FB : imigrasi mimika
Youtube : imigrasi mimika official
Whatsapp : 0811 4911 221

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.