Mimika (29/06) – Kantor Imigrasi Mimika menyelenggarakan kegiatan In House Training Pelatihan Budaya Pelayanan Prima (Service Excellence Culture) bagi ASN Kantor Imigrasi Mimika yang bekerja sama dengan Bank BNI (Bank Negara Indonesia) Cabang Timika. Kegiatan dilaksanakan pada Senin (29/06) pukul 13.00 WIT bertempat di Aula Kantor Imigrasi Mimika. Kegiatan diikuti oleh Kepala Kantor Imigrasi, Jesaja Samuel Enock, dan seluruh pejabat struktural, serta ASN Kantor Imigrasi Mimika.

Pelatihan diawali dengan sambutan Kakanim Mimika sekaligus membuka kegiatan pelatihan. Dalam sambutannya, Kakanim mengatakan bahwa kegiatan pelatihan pelayanan prima adalah sesuatu yang penting untuk meningkatkan skill pelayanan publik petugas imigrasi agar dapat mengatasi berbagai macam karakter pemohon pelayanan keimigrasian. Selain itu, pelayanan prima juga merupakan penerapan tata nilai PASTI yang merupakan tata nilai Kementerian Hukum dan HAM RI yang berarti Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transaparan dan Inovasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Kepala BNI cabang Timika, Fredy Corputty. Dalam sambutannya Kacab BNI mengungkapkan bahwa budaya melayani sudah ada sejak kecil, namun harus terus diasah. Kemudian, dalam melayani setiap orang, siapapun itu, harus dilakukan tulus dari hati sehingga pelayanan yang diberikan merupakan pelayanan yang terbaik.

Pelatihan dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai Service Awareness dan Standar Pelayanan oleh perwakilan Bank BNI, Yudha Kriswana dan Mercy Tubalowany. Menurut Yudha Kriswana, service bukan hanya tanggung jawab para front-liners (CS, Teller, Satpam) melainkan tanggung jawab setiap komponen instansi di setiap lokasi kerja. Selain itu, peranan pimpinan sangat menentukan baik-buruknya kualitas pelayanan di setiap lokasi kerja. Dalam paparannya diberikan materi mengenai Standar Pelayanan yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu Sikap mengawali layanan, Selama melayani, dan Mengakhiri layanan. Selain itu, aspek yang harus diperhatikan yaitu tentang penampilan, mimik dan tata rias wajah. Materi terakhir yaitu standar pelayanan menjawab pertanyaan dari pemohon melalui telepon.

Selain pemberian materi berbentuk paparan, ASN Kanim Mimika juga diajak untuk mempraktekkan pelayanan sesuai dengan materi yang sudah diberikan sebagai petugas saat pelayanan serta cara menghadapi pemohon maupun menjadi customer service saat menjawab pertanyaan melalui telepon.

Kegiatan ditutup dengan diskusi tanya jawab dan foto bersama.

HUMAS KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI MIMIKAWEB : mimika.imigrasi.go.id
IG & TWITTER : @imigrasi_mimika
FB : imigrasi mimika
Youtube : imigrasi mimika official
Whatsapp : 0811 4911 221

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.