Timika (20/07/2020) – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika mengikuti kegiatan teleconference dengan tema “Pemberdayaan Fungsi Kehumasan Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis Melalui Publikasi Informasi Kinerja Kementerian Hukum dan HAM RI” yang diadakan oleh Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI dengan narasumber Staff Khusus Menteri Hukum dan HAM RI, Fajar Lase dan Tenaga Ahli Bidang Media Komisi 1 DPR RI, Muhammad Kardeni. Kegiatan diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah, Kepala Divisi, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Kegiatan diawali dengan laporan Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerjasama Pagar Butar Butar dan dilanjutkan dengan Arahan umum dari Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Bambang Rantam Sariwanto. Dalam arahannya disampaikan untuk tetap menjaga kesehatan dan taati protokol kesehatan dan menjadi bagian penting dalam mencegah penyebaran pandemi Covid 19. Kita tentu ingin menjadi bagian penting dari negeri ini. Kita melihat bahwa di tingkat Kanwil dan UPT sudah dilakukan Inovasi dan bekerja keras melayani masyarakat, namun itu masih belum mampu meyakinkan masyarakat akan kinerja kita. Membangun kepercayaan masyarakat itu penting jangan sampai kita berbasah keringat namun itu tidak dilihat oleh masyarakat. Untuk itu peran dan fungsi kehumasan mempunyai peran yang luar biasa, sebagai media membangun kepercayaan masyarakat.

Berikutnya dilanjutkan dengan paparan oleh Narasumber pertama Staf Khusus Menkumham Fajar Lase. Dalam paparannya disampaikan bahwa Kementerian Hukum dan HAM sebagai bagian dari Pemerintah Pusat harus membangun narasi tunggal dari tingkat kementerian, kantor wilayah maupun Unit Pelaksana Teknis agar menciptakan pemahaman masyarakat tentang kebijakan Pemerintah khususnya Kemenkumham. Disampaikan juga kepada Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi Administrasi agar secara rutin melakukan pembinaan dan mendorong UPT agar memiliki Admin dibagian Humas yang tepat (right man on the right place), apabila tidak ada pegawai yang memiliki kemampuan Kehumasan, dapat merekrut tenaga honor yang mempunyai kemampuan tersebut.

Selanjutnya pemaparan oleh Narasumber kedua, Muhammad Kardeni. Dalam paparannya disampaikan bahwa dalam meningkatkan Reputasi Kehumasan Melalui Konten Media diperlukan strategi antara lain dengan Membangun hubungan personal Tim kehumasan dengan media massa, Melakukan komunikasi yang sering dan berkesinambungan melalui wawancara dengan wartawan dan Menyediakan materi press release sesuai standar jurnalistik untuk mempermudah mengarahkan materi berita yang ingin disampaikan ke media, Membangun komunikasi dengan external Kementerian / Lembaga (akademisi, pakar hukum dan pengamat politik).Diharapkan strategi tersebut dapat menciptakan output berupa: Menciptakan citra positif di masyarakat, Memperoleh publikasi di media, Mendekatkan Kementerian / Lembaga dengan media, Meningkatkan kesadaran publik (brandawarness), Mengubah sikap publik terhadap Kementerian / Lembaga.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan ditutup oleh Moderator.

HUMAS KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI MIMIKA
WEB : mimika.imigrasi.go.id
IG & TWITTER : @imigrasi_mimika
FB : imigrasi mimika
Youtube : imigrasi mimika official
Whatsapp : 0811 4911 221

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.