Timika (02/03/2020) – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika menggelar Rapat Internal Monitoring dan Evaluasi Anggaran Tahun 2020 pada hari Senin (02/03/2020) di Aula Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika, Jesaja Samuel Enock, Amd.Im., SH., dan dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Bendahara Pengeluaran, Pejabat Pengadaan, pembuat daftar gaji serta pengelola BMN pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika.

Rapat dibuka oleh Kepala Kantor Imigrasi dengan menyampaikan kaitan diadakannya Rapat Monitoring dan Evaluasi Anggaran Tahun 2020 adalah merujuk pada Surat Sekretaris Jenderal Imigrasi No.IMI.1-UM.01.01-6491 pada tanggal 16 Desember 2019 perihal Monitoring dan Evaluasi Kinerja SMART dan IKPA pada Satuan Kerja Direktorat Jenderal Imigrasi Triwulan IV Tahun 2019, serta dalam mencermati evaluasi penilaian kinerja anggaran pada aplikasi SMART di lingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi untuk itu dipandang perlu menginformasikan hasil penilaian capaian anggaran kepada Unit Pelaksanaan Teknis Imigrasi.

Kemudian Kepala Kantor menyampaikan beberapa hal yang penting dan harus diperhatikan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, pejabat pengadaan maupun Bendahara Pengeluaran tentang langkah-langkah strategis pelaksanaan anggaran tahun 2020. Yaitu antara lain:

1. Peningkatan Kualitas Anggaran
Urusan Keuangan harus mampu membaca atau meneliti RKA-KL / DIPA dengan sangat teliti. Kepala Kantor juga menegaskan tentang akan adanya Revisi Anggaran yang akan dilakukan apabila ada kebijakan dalam rangka efisiensi anggaran. Adapun untuk melakukan revisi anggaran perlu disiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan sebagai pendukung revisi tersebut.

2. Mempercepat Pelaksanaan Program / Kegiatan / Proyek
Langkah ini dilakukan agar dapat mewujudkan program-program kerja terkait dengan program kerja prioritas Presiden yakni memastikan pelayanan harus sampai kepada masyarakat. Demikian juga Kementerian Hukum dan Ham RI juga menjabarkan program kerja Presiden itu dengan memberikan pelayanan dan penggunaan anggaran yang tepat sampai kepada semua satuan kerja yang ada dibawahnya.

3. Mempercepat Proses Pengadaan Barang dan Jasa
Diharapkan pengelola keuangan dapat membuat kalender kerja sehingga pengelolaan keuangan sinkron dengan pelaksanaan kegiatan dalam satuan kerja. Kemudaian belanja kebutuhan barang dan jasa harus melalui e-katalog karena keseluruhan standar bayar sudah terdapat dapat e-katalog tersebut.

4. Meningkatkan Kualitas Belanja melaui Efisiensi dan Efektifitas (Value for Money)
Dimana ditekankan pada pembatasan belanja oprasional, belanja sesuai dengan kebutuhan yakni kegiatan tersebut memiliki nilai.

Kakanim menjelaskan peningkatan Kinerja Pelaksanaan Anggaran berdasarkan penilain IKPA dapat dilakukan dengan cara antara lain:
1. Melakukan penyesuaian perencanaan dan pelaksanaan angaran.
2. Meningkatkan efektifitas pelaksanaan kegiatan seperti melakukan monitoring dan pengawasan setiap tagihan dan menyederhanakan SPM.
3. Meningkatkan regulasi terhadap kepatuhan dan yang perlu diperhatikan adalah dana operasional satuan kerja perbulannya.

Dengan adanya rapat internal ini Kepala Kantor mengharapkan adanya Koordinasi yang baik mulai dari Bendahara Pengeluaran dengan Kaur Keuangan, Kepala Sub Bagian Tata Usaha sampai kepada Kepala Kantor, para pengelola keuangan juga harus berkolaborasi dengan Pelaksana kegiatan pengemban Tusi Keimigrasian yaitu Kasi Lalintalkim, Kasi Inteldakim dan Kasi Tikkim, agar pelaksanaan kegiatan dapat tercapai sesuai dengan target-target Kinerja yang telah ditetapkan. “Jangan menunda pekerjaan yang berkaitan dengan keuangan dan dokumen keuangan itu harus diarsipkan secara baik serta dapat menginventarisir setiap permasalahan dalam pelaksanaan.” Pungkas Kakanim sebelum menutup rapat tersebut.

HUMAS KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI MIMIKA
WEB : mimika.imigrasi.go.id
IG & TWITTER : @imigrasi_mimika
FB : imigrasi mimika
Youtube : imigrasi mimika official
Whatsapp : 0811 4911 221

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.