Jayapura (25/03) – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika mengikuti Rapat Tim Pengawasan Orang Asing Tingkat Provinsi Papua pada Kamis, 25 Maret 2021, Kegiatan diikuti oleh Kepala Kantor Imigrasi Mimika Agus Purwanto didampingi oleh Kasi Inteldakim dan Kasubsi Intelijen.

Bertempat di Ballroom Hotel Horison Entrop Jayapura, Kakanwil Kemenkumham Papua Anthonius M. Ayorbaba didampingi Kadiv Keimigrasian Novianto Sulastono secara resmi membuka kegiatan rapat Tim Pengawasan Orang Asing(TIM PORA) tingkat Provinsi Papua Tahun 2021. Dengan mengusung tema “Membangun sinergitas dan soliditas Tim PORA dalam penegakan Hukum di Wilayah Papua di Era Tatanan Kehidupan Baru” dan Dihadiri oleh Instansi Terkait.

Dalam sambutannya kakanwil menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wadah untuk instansi terkait saling bertukar data dan informasi terkait pengawasan orang asing mengingat luasnya wilayah papua sehingga dibutuhkan dari sinergi dari berbagai instansi.

“Rapat Timpora ini merupakan wadah kita untuk bersinergi dan saling bertukar data dan informasi terkiat orang asing mengingat luasnya wilayah papua ini” Ujar Anthonius Ayorbaba

Kakanwil juga mengingatkan untuk melakukan deteksi dini terkait pelanggaran orang asing di wilayah Papua ini sehingga bisa meminimalisir tindak kejahatan yang terjadi melibatkan orang asing. Perlu diketahui bahwa diwilayah Papua ini ada 1.199 orang asing yang tesebar dan diawasi oleh 4 Kantor Imigrasi diantaranya Kanim Kelas I TPI Jayapura 446 Orang, Kanim Kelas II TPI Mimika 621 Orang, Kanim Kelas II TPI Biak 61 Orang dan Kanim Kelas II TPI Merauke 71 Orang.

“Lakukan deteksi dini terhadap pelanggaran orang asing guna meminimalisir kejahatan yang melibatkan WNA, dan saya berharap kedepan akan rutin dilaksanakan Patroli Bersama guna mengawasi Orang Asing sampai ke tingkat RT/RW” Tambah Anthonius Ayorbaba.

Pada kesempatan tersebut Ka BINDA Provinsi Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny menyampaikan materi terkait hal strategis teknis dan taktis terkait pengawasan orang asing di Tanah Papua mengingat banyaknya cara dan jalur bagi orang asing masuk ke wilayah Papua.

“Papua ini wilayah yang sangat strategis berbatasan langsung dengan negara PNG dan juga wilayah Australia sehingga banyak sekali cara dan jalur untuk masuk kewilayah ini (Papua), sehingga banyak kerawanan terkait penyelundupan barang dan juga perlintasan manusia ilegal” Ujar Brigjend.TNI.I Gusti Putu Danny.

Selanjutnya Kadiv Keimigrasian Novianto Sulastono dalam materinya menyampaikan kegiatan ini mengacu pada UU No 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian, Novianto menyampaikan bahwa Imigrasi tidak bisa bekerja sendiri mengawasi Orang Asing tanpa bantuan dari instansi terkait.

“Papua ini wilayah yang sangat luar biasa dengan sumber daya alam yang melimpah sehingga kita harus jaga bersama dan saya selaku Ketua Tim PORA Provinsi Papua menyampaikan terimakasih atas bantuan dari Instansi terkait yang sekarang hadir dalam forum ini” Ujar Novianto Sulastono.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada seluruh peserta rapat.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kakanim Kelas I TPI Jayapura, Rivandi Rivai, Kakanim Kelas II TPI Mimika Agus Purwanto, Kakanim Kelas II TPI Biak Edward Infaindan, Kakanim Kelas II TPI Merauke Togol Situmorang dan Karudenim Jayapura Ben Yuda Karubaba.

WEB : mimika.imigrasi.go.id
IG & TWITTER : @imigrasi_mimika
FB : imigrasi mimika
Youtube : imigrasi mimika official
Whatsapp : 0811 4911 221

#KemenkumhamRI #DitjenImigrasi #ImigrasiMimika #KumhamPasti

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.