Kantor Imigrasi Mimika menyelenggarakan Rapat Tim PORA (Pengawasan Orang Asing) tingkat Distrik yang digelar selama 2 (dua) hari pada Senin tanggal 10 Agustus 2020 di Distrik Mimika Baru dan Selasa, 11 Agustus 2020 pada Distrik Kuala Kencana. Kegiatan Tim PORA tahun ini mengusung tema yang berbeda dari tahun sebelumnya, adapun tema Rapat Tim PORA tahun 2020 ini adalah Pengawasan Orang Asing Berbasis HAM maksud daripada pengawasan orang asing berbasis HAM adalah untuk memberikan pemahaman kepada aparat pemerintahan terkait dan masyarakat bahwa dalam hal pengawasan orang asing terdapat ketentuan peraturan perundang undangan dan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku secara nasional melalui penerapan hukum dan secara universal yaitu penghormatan terhadap HAM. Tujuannya agar pelaksanaan pengawasan orang asing di lapangan sesuai dengan ketentuan peraturan dan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang berlaku berdasarkan hukum dan penghormatan terhadap HAM.

Roadshow Rapat Tim Pengawasan Orang Asing ini dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Mimika, Jesaja Samuel Enock, dan berlangsung pada Distrik Mimika Baru dan Kuala Kencana dihadiri oleh unsur Muspika Mimika Baru dan Kuala Kencana, antara lain Kapolsek, Danramil, para lurah dan kepala kampung turut serta juga tokoh masyarakat dan tokoh agama. Dalam rapat Tim PORA yang digelar roadshow tersebut terdapat dua agenda yaitu Rapat Tim PORA dan Sosialisasi Pos Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Pos Yankomas) Pengaduan HAM yang disampaikan oleh Direktur Pelayanan Komunikasi Masyarakat Direktorat Jenderal HAM, Iwan Santoso. Sedangkan materi Tim PORA disampaikan oleh Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Provinsi Papua, Friece Sumolang, melalui live teleconference dengan aplikasi Zoom. Rapat ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

Rapat diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Distrik yang pada intinya menyampaikan apresiasi dan dukungan atas terselenggaranya kegiatan Rapat Tim PORA ini.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kakanim Mimika. Dalam sambutannya, Kakanim menjelaskan bahwa tujuan rapat ini adalah sebagai sarana koordinasi dan sinergitas antar anggota Tim PORA dalam hal pengawasan orang asing. Kakanim berharap ke depan semakin ditingkatkan peran aktif dari seluruh anggota Tim PORA terkait pengawasan aktivitas orang asing. Rapat Tim PORA kali ini merupakan rapat rutin yang diadakan setiap tahun dan dalam dua tahun terakhir rapat Tim PORA tidak diadakan di Kanim Mimika, namun diadakan di distrik-distrik yang ditunjuk sebagai sekretariat Tim PORA tingkat Distrik.

Rapat dilanjutkan dengan pemberian materi sosialisasi Pos Pelayanan Komunikasi Masyarakat dan teknis Pengaduan HAM oleh Direktur Pelayanan Komunikasi Masyarakat Direktorat Jenderal HAM. Dalam materinya Direktur Yankomas menjelaskan tentang adanya Pos Yankomas sebagai sarana pengaduan HAM yang berada di seluruh UPT di bawah Kementerian Hukum dan HAM di seluruh Indonesia. Di kabupaten Mimika pengaduan dapat disampaikan melalui Kantor Imigrasi Mimika atau Lapas Timika. Dalam kaitannya dengan pengawasan orang asing, Direktur Yankomas menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan setiap kegiatan Tim PORA harus dilandaskan pada pemenuhan HAM. Tidak boleh ada diskriminasi kepada siapapun baik itu warga negara Indonesia maupun warga negara asing.

Selanjutnya penyampaian materi terkait Penguatan Koordinasi pengawasan orang asing oleh Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkuman Provinsi Papua. Dalam materinya, Kadiv Papua menjelaskan dasar hukum dan maksud serta tujuan pembentukan Tim PORA, wilayah kerja dan tugas serta kegiatan Tim PORA khususnya di tingkat distrik.

Beliau mengingatkan bahwa dalam pelaksanaannya, pengawasan orang asing juga harus dilandaskan pada HAM. Jika ternyata di lapangan ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh orang asing tidak langsung dilakukan tindakan yang semena-mena. Karena dalam penanganan orang asing yang menyalahgunakan izin tinggal atau masalah keimigrasian harus disesuaikan dengan SOP dan tidak boleh terjadi pelanggaran HAM di dalamnya.

Pada kesempatan tersebut, Kadiv Imigrasi juga menjelaskan layanan terbaru Ditjen Imigrasi yaitu Eazy Paspor yang saat ini sudah bisa dilaksanakan bagi para pemohon paspor dengan mengajukan permohonan terlebih dahulu di kantor Imigrasi.

Rapat dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan kesimpulan oleh Kepala Kantor Imigrasi Mimika.

Rapat Timpora selanjutnya akan diselenggarakan pada hari kamis 13 Agustus 2020 di Kekwa Distrik Mimika Timur Tengah dan Kokonau Distrik Mimika Barat, yang akan dihadiri langsung Kepala Divisi Imigrasi dan Kabid HAM Kanwil Kemenkumham Papua.

HUMAS KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI MIMIKA
WEB : mimika.imigrasi.go.id
IG & TWITTER : @imigrasi_mimika
FB : imigrasi mimika
Youtube : imigrasi mimika official
Whatsapp : 0811 4911 221

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.