Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika menggelar Diseminasi Tata Cara Penyusunan Laporan dan DUPAK Jabatan Analis dan Pemeriksa Keimigrasian pada Senin, 31 Agustus 2020 pada pukul 15.00 – 17.30 WIT bertempat di Aula Kantor Imigrasi Mimika. Kegiatan diseminasi dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Mimika, Jesaja Samuel Enock, dan diikuti secara virtual melalui aplikasi Zoom oleh Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Papua, Friece Sumolang, Kepala Bagian Kepegawaian Direktorat Jenderal Imigrasi, Muhammad Akram, dan sebagai narasumber yaitu Analis Kepegawaian Ahli Muda Direktorat Jenderal Imigrasi, Muhammad Amirullah serta diikuti oleh pejabat struktural, Analis dan Pemeriksa Keimigrasian Kantor Imigrasi Mimika.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan bersama lagu kebangsaan, Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan pembukaan dan sambutan oleh Kadiv Keimigrasian Kanwil Papua. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi kepada Kantor Imigrasi Mimika yang membuat terobosan dengan mengadakan kegiatan yang bermanfaat bagi para JFT di Kantor Imigrasi Mimika. Beliau berharap kegiatan seperti ini dapat diteruskan dan nantinya memantik semangat Kantor Imigrasi lainnya di Papua.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Kakanim Mimika. Dalam sambutannya, Kakanim menjelaskan bahwa saat ini terdapat 14 (empat belas) orang JFT yang terdiri dari 12 (dua belas) orang Analis Keimigrasian dan 2 (dua) orang Pemeriksa Keimigrasian yang ditempatkan pada bagian teknis keimigrasian di setiap seksi di Kantor Imigrasi Mimika. Kakanim berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberi pencerahan dan pengetahuan bagi para JFT di Kantor Imigrasi Mimika.

Selanjutnya pengarahan dari Kepala Bagian Kepegawaian Ditjenim. Dalam arahannya, beliau menyampaikan apresiasi kepada Kepala Kantor Imigrasi Mimika atas inisiatif dan kepedulian terhadap para JFT sehingga memfasilitasi kegiatan ini. Beliau berharap dengan kegiatan ini, para JFT dapat berdiskusi dan menyampaikan permasalahan terkait Jabatan Fungsional yang ada di Kantor Imigrasi Mimika sehingga selain memberi pencerahan, namun juga menjadi masukan yang bermanfaat bagi Bagian Kepegawaian Ditjen Imigrasi ke depan. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang rencana penyederhanaan jabatan di Ditjen Imigrasi yang bertujuan agar struktur organisasi instansi lebih ramping dengan mengalihkan jabatan struktural menjadi jabatan fungsional. Selanjutnya, Beliau juga menjelaskan bahwa saat ini Ditjen Imigrasi sedang mengusulkan revisi Permen PAN RB no. 47 tahun 2018 tentang jabatan fungsional Analis Keimigrasian dan no. 48 tahun 2018 tentang jabatan fungsional Pemeriksa Keimigrasian. Serta usulan pembuatan aplikasi e-DUPAK yang saat ini sedang dalam tahap penyempurnaan sehinga nantinya dapat memudahkan para JFT di daerah untuk mengumpulkan laporan dan DUPAK masing-masing.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan terkait JFT Analis dan Pemeriksa Keimigrasian oleh Analis Kepegawaian Ahli Muda Ditjen Imigrasi, Muhammad Amirullah. Dalam paparannya, Beliau menjelaskan tentang sejarah adanya JFT Analis dan Pemeriksa Keimigrasian, prosedur pengangkatan, pemberhentian, batas usia pensiun, kenaikan pangkat dan jenjang karir, unsur penilaian angka kredit, dan teknis penyusunan DUPAK serta teknis penetapan angka kredit.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan diakhiri dengan menyanyikan bersama lagu Bagimu Negeri.

HUMAS KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI MIMIKA
WEB : mimika.imigrasi.go.id
IG & TWITTER : @imigrasi_mimika
FB : imigrasi mimika
Youtube : imigrasi mimika official
Whatsapp : 0811 4911 221

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.