Mimika – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika menggelar kegiatan Rapat Pembahasan Perjanjian Kerja Sama dalam rangka Penegakan Hukum bersama dengan Kejaksaan Negeri Mimika pada Selasa, 15 September 2020, bertempat di Aula Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika. Rapat dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Mimika, Jesaja Samuel Enock didampingi oleh Kasi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Kasubsi Intelijen serta Kasubsi Penindakan Kantor Imigrasi Mimika. Hadir dalam rapat tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Mimika Mohammad Ridosan, bersama dengan Kasi Tindak Pidana Umum, Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Mimika. Rapat dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Rapat diawali dengan sambutan dari Kakanim Mimika. Dalam sambutannya, Kakanim mengatakan bahwa tujuan rapat ini adalah untuk mengefektifkan pasal 110 Undang-undang no. 6 Tahun 2011 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, yang berbunyi “Terhadap tindak pidana keimigrasian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 116 dan Pasal 117 diberlakukan acara pemeriksaan singkat sebagaimana dimaksud dalam hukum acara pidana.”

Sambutan dari Kakanim Mimika Jesaja Samuel Enock

Kakanim Mimika mengatakan bahwa selama ini pasal tersebut belum berjalan efektif dalam pelaksanaan penegakan hukum keimigrasian, dan disebutkan dalam pasal 110 Undang-undang no. 6 Tahun 2011 Tahun 2011 tentang Keimigrasian bahwa untuk melaksanakan penegakan hukum pasal 116 dan 117 membutuhkan instrumen-instrumen seperti catatan keimigrasian sebagai bukti atas pelanggaran dari pasal tersebut untuk diserahkan kepada penuntut umum, yaitu Kejaksaan. Sehingga diperlukan kerja sama antara Kantor Imigrasi Mimika bersama dengan Kejaksaan Negeri Mimika untuk efektivitas dan tindak lanjut dari pasal 110 Undang-undang no. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian tersebut.

Sementara itu dalam sambutannya, Kajari Mimika mengungkapkan dukungan kepada Kantor Imigrasi Mimika mengenai pembahasan kerja sama tentang penyidikan dan pemeriksaan singkat terhadap pelanggaran keimigrasian. Kajari Mimika mengatakan bahwa kewenangan imigrasi yang sudah diberikan oleh negara sudah seharusnya dilaksanakan termasuk kewenangan dalam pemeriksaan dan penyidikan terhadap pelanggaran keimigrasian sehingga semua pihak termasuk Kejaksaan akan mendukung sepenuhnya langkah-langkah yang akan dilakukan oleh Kantor Imigrasi Mimika.

Kajari Mimika Mohammad Ridosan Memberikan Sambutan

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari Kasi Inteldakim tentang Pembahasan Perjanjian Kerja Sama antara Kantor Imigrasi Mimika dengan Kejaksaan Negeri Mimika tentang Penegakan Hukum Keimigrasian. Dalam paparannya, Kasi Inteldakim memberikan draf Surat Catatan Keimigrasian yang nantinya akan digunakan sebagai alat bukti dalam penyidikan keimigrasian.

Kegiatan diakhiri dengan kesimpulan dari Kakanim Mimika. Dalam kesimpulannya, Kakanim mengatakan bahwa hasil pembahasan ini akan disampaikan kepada Kanwil Kemenkumham Provinsi Papua dan kepada Direktorat Jenderal Imigrasi serta Kementerian Hukum dan HAM. Kakanim juga mengatakan bahwa nantinya pembahasan ini akan dirapatkan kembali untuk menindaklanjuti beberapa catatan mengenai hasil rapat ini dan nantinya disampaikan di pertemuan berikutnya. Kakanim berharap agar pembahasan kerja sama ini dapat berjalan dengan lancar dan mampu meningkatkan penegakan hukum keimigrasian khususnya di wilayah Kabupaten Mimika.

HUMAS KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI MIMIKA
WEB : mimika.imigrasi.go.id
IG & TWITTER : @imigrasi_mimika
FB : imigrasi mimika
Youtube : imigrasi mimika official
Whatsapp : 0811 4911 221

#KemenkumhamRI #DitjenImigrasi #ImigrasiJagaNegeri

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.