MIMIKA.IMIGRASI.GO.ID — TIMIKA, Seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika mengikuti upacara dalam rangka Pencanangan Pekan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) dan Gerakan Disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Papua.

Dalam upacara juga dilakukan penandatanganan Gerakan Disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diwakili oleh pejabat di tiap seksi di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika.
Upacara dilaksanakan di halaman Kantor Imigrasi Kelas II Mimika. Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Plh Kepala Kantor, Moch. Dede Sulaiman, S.H. M.Si. dan diikuti oleh seluruh pegawai baik ASN, CASN, maupun pegawai honorer.
Dalam sambutannya Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia PENCANANGAN PEKAN HARi DHARMA KARYADHIKA TAHUN 2018 DAN GERAKAN DISIPLIN APARATUR SIPIL NEGARA

“Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam Damai Sejahtera untuk kita semua,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam Kebajikan.

Yang saya banggakan, seluruh pejabat dan pegawai Kementerian Hukum dan HAM; serta Undangan yang berbahagia.

Tiada rasa yang dapat kita ungkapkan selain rasa syukur atas segala anugerah Yang Maha Kuasa, Tuhan Pencipta Alam Semesta, yang sampai dengan hari ini mengaruniakan berbagai nikmat kepada kita semua untuk tetap bekerja, berkinerja,berkarya,dan berkontribusi positif kepada bangsa dan negara tercinta.

Ditengah rasa syukur kita ini, marilah kita tundukkan kepala sejenak untuk mendoakan saudara-saudara kita yang tertimpa musibah bencana alam gempa dan tsunami, yang terjadi bulan lalu di Nusa Tenggara Barat, dan yang terjadi minggu kemarin di Sulawesi Tengah, semoga mereka diberikan kemampuan untuk ikhlas, sabar, tawakkal , serta mampu menghadapi perjalanan hidup yang masih panjang.

(Berdoa Mulai…., Selesai.)

Hadirin yang saya banggakan,

Makna dari peringatan adalah sebagai alat penanda. Peringatan Hari Dharma Karyadhika ini adalah salah satu indikator dari sudut pandang waktu.Waktu dimana seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM harus saling introspeksi diri, waktu bagi kita untuk merenung, apakah yang kita kerjakan selama ini sudah memberikan kontribusi pada pembangunan secara nasional dan apakah dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Apalagibelakangan ini, banyak cobaan yang dihadapi bangsa kita khususnya yang dihadapi oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Semua persoalan yang kita hadapi harus kita selesaikan dengan cepat, tepat, berkualitas, dan tuntas. Tidak mudah memang, ini memerlukan energi dan pemikiran yang sangat besar. Belum lagi musibah bencana alam, yang juga memerlukan penanganan cepat, responsif, dan tepat sasaran.

Ditengah kondisi ibu pertiwi yang sedang berduka ini, sangatlah tidak elok jika kita masih saling menghujat, saling mencaci, dan saling membenci. Tidaklah tepat juga jika kita masih sibuk mencari kesalahan orang lain, masih sibuk memupuk harta duniawi dan mengutamakan urusan pribadi, tanpa mau  memberi dan berbagi.

Hadirin yang saya banggakan,

Tahun ini mari kita peringati Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Kementerian Hukum dan HAM dengan penuh makna. Bangun sinergitas dengan sesama untuk menyelesaikan persoalan-persoalan dengan menghasilkan jalan keluar yang lebih berkualitas.

Terna yang diusung kali ini “SINERGI KERJA – KAMI PASTI” janganlah hanya menjadijargon atau simbol semata. Terna ini harus dijiwai dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh pada setiap aspek pelaksanaan tugas fungsi kita.

Simbol yang telah dipilih yaitu tupai, menggambarkan hewan yang Cerdas, Lincah, Tangguh dan pantang Menyerah. lni dapat kita maknai bahwa kita pun harus mampu menjadi ASN yang mampu ubekerja keras” dan ubekerja sama”, berjiwa kesatria untuk mengabdi pada bangsa dan negara. Harus ada komunikasi dan koordinasi yang baik antara atasan dan bawahan secara berjenjang. Konflik hanya akan membuang energi serta memecah belah kekuatan dan menurunkan kemampuan kinerja kita.

Saat ini yang harus kita lakukan adalah bergandeng tangan, bahu membahu, dan mencari solusi secara bersama-sama, sehingga setiap persoalan yang dihadapi Kementerian Hukum dan HAM dapat ditangani dengan  baik.

Hadirin yang saya banggakan,

Sekali lagi, mari kita peringati HDKD ini dengan melakukan kegiatan positif dan tidak berlebih. Melalui momentum ini saya juga ingin mengingatkan beberapa hal kepada saudara-saudara semua yaitu :

    1. Senantiasa taat beribadah dan berdoa, memohon perlindungan dan kasihsayang Tuhan Yang Maha Kuasa agar kita diberikan keselamatan dan kasih sayang-Nya
    2. Ambilah hikmah dari setiap musibah. Jangan pernah putus asa dalam menghadapi setiap cobaan dan tantangan, karena ada Tuhan Yang Maha Kuasa bersama kita;
    3. Saling sinergi dan bersatu dalam bekerja dan berkinerja, karena perpecahan hanya akan menimbulkan kesengsaraan bagi kita semua;
    4. Terus pelihara kelestarian alam semesta, mulai dari menjaga lingkungan sekitar dan mengurangi penggunakan produk-produk yang dapat merusak lingkungan;
    5. Jaga nama baik bangsa dan negara, khususnya institusi kita Kementerian Hukum dan HAM. Buatlah prestasi yang membanggakan dan hilangkan stigma negatif tentang Kementerian kita.

lni penting saya pesankan, karena peringatan HDKD pada tahun ini adalah tahun keempat dimasa jabatan saya sebagai Menteri Hukum dan HAM. Dan sebelum masa jabatan saya akan berakhir, mari bersama-sama kita ubah pola pikir (mindset) kita dalam bekerja dan berkinerja, untuk Kementerian Hukum dan HAM yang semakin maju, dan PASTI Jaya Selamanya .

Hadirin yang berbahagia,

Meningkatkan dan merawat kinerja Kementerian Hukum dan HAM tidaklah mudah, perlu sikap mental yang baik. Salah satunya adalah sikap atau perilaku disiplin.Saya mendapat informasibahwa tingkat kedisiplinan jajaran Kementerian Hukum dan HAM masih naik turun atau belum konsisten.

Oleh karena itu, pada hari ini saya canangkan GERAKAN DISIPLIN NASIONAL. Gerakan Disiplin Nasional harus dipelopori oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), menuju terwujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa khususnya di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Disiplin harus dimulai oleh dan dari diri sendiri serta dilaksanakan oleh seluruh pegawai di bidang pemerintahan, perencana dan pelaksana pembangunan, termasuk kita semua yang ada disini, para Aparatur Sipil Negara Kementerian Hukum dan HAM.

Satu lagi yang yang perlu saya pesankan kepada saudara-saudara sekalian. Tahun ini adalah tahun politik, mari kita sikapi segala bentuk dinamika politik dengan tetap menjaga keteduhan, ketentraman, ketenangan, serta persatuan. Apapun hasil dari pesta politik, jajaran Kementerian Hukum dan HAM akan terus meningkatkan kinerja dalam rangka mendukung suksesnya program pembangunan nasional.

Hadirin yang saya cintai,

Akhimya dengan mengucap Syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, pada hari ini, saya resmikan Pencanangan Pekan Hari Dharma Karyadhika Tahun 2018 dan Gerakan Disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Hukum dan HAM. Saya minta, seluruh pegawai di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM baik Pusat dan Daerah turut berpartisipasi dan berkontribusi menyemarakkan, serta menyukseskan kegiatan ini yang berorientasi kepada pelayanan masyarakat.

Hanya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Sang Pemilik Kesempumaan, kita panjatkan doa dan harapan, semoga kita senantiasa diberikan kekuatan lahir dan bathin, dalam mengemban amanah dan melaksanakan tugas yang dipercayakan kepada kita . Aamiin.

Dirgahayu Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Jayalah Selamanya !II

Terima kasih.

Wallohul muwafiq Ila aqwamiththoriq,

Wassa/amualaikum  Warahmatullahl Wabarakatuh,

Om shanti shanti shanti om.”

 

INSARKOM KANTOR IMIGRASI KELAS II MIMIKA
WEB: mimika.imigrasi.go.id
IG&TWITTER: @imigrasi_mimika
FB: Imigrasi mimika
Youtube: imigrasi mimika offcial
Whatsapp: 0811 4911 221

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here