BIAYA KEIMIGRASIAN

DASAR : PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 28 TAHUN 2019

TENTANG JENIS DAN TARIF ATAS JENIS PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK YANG BERLAKU PADA KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA

NO. JENIS PENERIMAAN BUKAN PAJAK (PNBP) SATUAN TARIF
A. SURAT PERJALANAN REPUBLIK INDONESIA
1. Paspor Biasa 48 Halaman untuk WNI Per Buku * Rp 350.000,00
2. Paspor Biasa Elektronik (E-Passport) 48 Halaman untuk WNI Per Buku  Rp 650.000,00
3. Biaya Beban Paspor Hilang Per Buku Rp 1.000.000,00
4. Biaya Beban Paspor Rusak Per Buku Rp 500.000,00
5. Layanan Percepatan Paspor Selesai Pada Hari yang Sama Per Permohonan Rp 1.000.000,00
6. Paspor Biasa 24 Halaman untuk WNI Per Buku  Rp. –
7. Paspor Biasa Elektronis (E-Passport) 24 Halaman untuk WNI Per Buku  Rp. –
8. Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk WNI Perorangan Per Buku  Rp 100.000,00
10. Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk Orang Asing Per Buku  Rp 150.000,00
11. Paspor Biasa 24 Halaman Pengganti yang  Hilang yang Masih Berlaku Per Buku  Rp 200.000,00
12. Paspor Biasa 24 Halaman Pengganti yang Rusak yang Masih Berlaku Per Buku  Rp 100.000,00
13. Paspor Biasa Elektronis (E-Passport) 24 Halaman Pengganti yang Hilang yang Masih Berlaku Per Buku  Rp 800.000,00
14. Paspor Biasa Elektronis (E-Passport) 24 Halaman Pengganti yang Rusak yang Masih Berlaku Per Buku  Rp 350.000,00
15. Paspor Biasa 48 Halaman Pengganti yang Hilang yang Masih  Berlaku Per Buku  Rp 600.000,00
16. Paspor Biasa 48 Halaman Pengganti yang Rusak yang Masih Berlaku Per Buku  Rp 300.000,00
17. Paspor Biasa Elektronis (E-Passport) 48 Halaman Pengganti yang Hilang yang Masih Berlaku Per Buku  Rp 1.200.000,00
18. Paspor Biasa Elektronis (E-Passport) 48 Halaman Pengganti yang Rusak yang Masih Berlaku Per Buku  Rp 600.000,00
19. Paspor biasa 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Per Buku  Rp 100.000,00
20. Paspor biasa elektronis 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Per Buku  Rp 350.000,00
21. Paspor biasa 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Per Buku  Rp 300.000,00
22. Paspor biasa elektronis 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Per Buku  Rp 600.000,00
23. Pas lintas batas perorangan Per Buku  Rp. –
24. Pas lintas batas keluarga Per Buku  Rp. –
B. VISA
1. VISA KUNJUNGAN Per Orang  $ 50,00
2. Visa Kunjungan Beberapa Kali Perjalanan Dihitung Per Tahun Per Orang  $ 110,00
3. Visa Kunjungan Saat Kedatangan
a. Masa Berlaku 7 (Tujuh) Hari, Khusus pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Per Orang  $ 15,00
b. 30 (Tiga Puluh) Hari Per Orang  $ 35,00
4. Visa Tinggal Terbatas
a. Paling Lama 6 (Enam) Bulan Per Orang  $ 55,00
b. 1 (Satu) Tahun Per Orang  $ 105,00
c. 2 (Dua) Tahun Per Orang  $ 180,00
d. Paling Lama 5 (Lima) Tahun,  Khusus pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Per Orang  $ 250,00
5. Visa Tinggal Terbatas Saat Kedatangan Untuk 30 (Tiga Puluh) Hari Per Orang  Rp 700.000,00
6. Kawat Persetujuan Visa ke Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri Per Orang  Rp 100.000,00
C. IZIN KEIMIGRASIAN
1. Visa on Arrival
a. Visa on Arrival Per Permohonan Rp 500.000,00
b. Visa on Arrival Extension Per Permohonan Rp 500.000,00
2. Izin Kunjungan dan Perpanjangan izin kunjungan
a. Pemberian izin kunjungan Per Orang  Rp 300.000,00
b. Setiap kali perpanjangan izin kunjungan Per Orang  Rp 300.000,00
3. Izin Tinggal Terbatas
a. Saat kedatangan Per Orang  Rp 450.000,00
b. Non elektronik masa berlaku maks. 6 bulan Per Orang  Rp 450.000,00
c. Elektronik masa berlaku maks. 6 bulan Per Orang  Rp 650.000,00
d. Non elektronik masa berlaku maks. 1 tahun Per Orang  Rp 800.000,00
e. Elektronik masa berlaku maks. 1 tahun Per Orang  Rp 1.000.000,00
f. Non elektronik masa berlaku maks. 2 tahun Per Orang  Rp 1.400.000,00
g. Elektronik masa berlaku maks. 2 tahun Per Orang  Rp 1.600.000,00
h. Khusus pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) maks. 5 tahun Per Orang  Rp 3.500.000,00
4. Setiap kali perpanjangan Izin Tinggal Terbatas
a. Non elektronik masa berlaku maks. 6 bulan Per Orang  Rp 450.000,00
b. Elektronik masa berlaku maks. 6 bulan Per Orang  Rp 650.000,00
c. Non elektronik masa berlaku maks. 1 tahun Per Orang  Rp 800.000,00
d. Elektronik masa berlaku maks. 1 tahun Per Orang  Rp 1.000.000,00
e. Non elektronik masa berlaku maks. 2 tahun Per Orang  Rp 1.400.000,00
f. Elektronik masa berlaku maks. 2 tahun Per Orang  Rp 1.600.000,00
5. Penggantian Kitas karena rusak/hilang dan masih berlaku
a. Non elektronik masa berlaku maks. 6 bulan Per Orang  Rp 900.000,00
b. Elektronik masa berlaku maks. 6 bulan Per Orang  Rp 1.100.000,00
c. Non elektronik masa berlaku maks. 1 tahun Per Orang  Rp 1.800.000,00
d. Elektronik masa berlaku maks. 1 tahun Per Orang  Rp 2.000.000,00
e. Non elektronik masa berlaku maks. 2 tahun Per Orang  Rp 2.800.000,00
f. Elektronik masa berlaku maks. 2 tahun Per Orang  Rp 3.000.000,00
6. Izin Tinggal Terbatas untuk pekerja di perairan Indonesia, perpanjangan, penggantian dan penambahan masa berlakunya Per Orang  Rp 700.000,00
7. Teraan pemberian Izin Tinggal Terbatas untuk pekerja di perairan Indonesia, perpanjangan, penggantian dan penambahan masa berlakunya pada Kantor Imigrasi Per Orang  Rp 150.000,00
8. Izin Tinggal Tetap non elektronik masa berlaku 5 tahun Per Orang  Rp 3.500.000,00
9. Izin Tinggal Tetap elektronik masa berlaku 5 tahun Per Orang  Rp 3.700.000,00
10. Perpanjangan Izin Tinggal Tetap non elektronik untuk jangka waktu yang tidak terbatas Per Orang  Rp 10.000.000,00
11. Perpanjangan Izin Tinggal Tetap elektronik untuk jangka waktu yang tidak terbatas Per Orang  Rp 10.200.000,00
12. Perpanjangan Izin Tinggal Tetap non elektronik masa berlaku 5 tahun karena rusak/hilang dan masih berlaku Per Orang  Rp 1.500.000,00
13. Penggantian Izin Tinggal Tetap elektronik masa berlaku 5 tahun karena rusak/hilang dan masih berlaku Per Orang  Rp 1.700.000,00
14. Penggantian Izin Tinggal Tetap non elektronik untuk jangka waktu yang tidak terbatas karena rusak/hilang Per Orang  Rp 3.000.000,00
15. Penggantian Izin Tinggal Tetap elektronik untuk jangka waktu yang tidak terbatas karena rusak/hilang Per Orang  Rp 3.200.000,00
D. IZIN MASUK KEMBALI (RE-ENTRY PERMIT)
1. Izin Masuk Kembali untuk beberapa kali perjalanan yang masa berlakunya sama dengan masa berlaku Izin Tinggal Terbatas maks. 6 bulan Per Orang  Rp 600.000,00
2. Izin Masuk Kembali untuk beberapa kali perjalanan yang masa berlakunya sama dengan masa berlaku Izin Tinggal Terbatas maks. 1 tahun Per Orang  Rp 1.000.000,00
3. Izin Masuk Kembali untuk beberapa kali perjalanan yang masa berlakunya sama dengan masa berlaku Izin Tinggal Terbatas maks. 2 tahun Per Orang  Rp 1.750.000,00
4. Izin Masuk Kembali untuk beberapa kali perjalanan lebih dari 2 (dua) tahun dan tidak lebih dari 5 (lima) tahun pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Per Orang  Rp 3.250.000,00
E. BIAYA BEBAN
1. Orang asing yang berada di wilayah Indonesia melampaui waktu tidak lebih dari 60 hari dari izin keimigrasian yang diberikan Per Hari  Rp 1.000.000,00
2. Penanggungjawab alat angkut yang tidak memenuhi Pasal 19 ayat (4) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian Per Alat Angkut  Rp 50.000.000,00
F. SMART CARD Per Orang  Rp 350.000,00
G. KARTU PERJALANAN PEBISNIS ASIA PASIFIC ECONOMIC COOPERATION (KPP APEC)/APEC BUSINESS TRAVEL CARD (ABTC) Per Orang  Rp 2.500.000,00
H. KPP APEC PENGGANTI YANG HILANG/RUSAK YANG MASIH BERLAKU DISEBABKAN KARENA KELALAIAN Per Orang  Rp 3.000.000,00
I. FASILITAS KEIMIGRASIAN (AFFIDAVIT) BAGI ANAK BERKEBANGSAAN GANDA NON ELEKTRONIK Per Orang  Rp 150.000,00
J. FASILITAS KEIMIGRASIAN (AFFIDAVIT) BAGI ANAK BERKEBANGSAAN GANDA ELEKTRONIK Per Orang  Rp 350.000,00
K. SURAT KETERANGAN KEIMIGRASIAN Per Orang  Rp 3.000.000,00
L. JASA PENGGUNAAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEIMIGRASIAN Per Permohonan  Rp 50.000,00

 

* Sudah termasuk Jasa Penggunaan Teknologi Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (Rp.50.000).
** Jika sewaktu-waktu terjadi perubahan biaya dan lainnya, maka akan diberitahukan kemudian oleh Petugas Layanan Keimigrasian.