Mimika – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika menggelar Apel Pagi pada Senin, 1 Februari 2021 bertempat di Halaman Kantor Imigrasi Mimika. Apel dipimpin langsung oleh Kepala Kantor imigrasi Mimika, Jesaja Samuel Enock, Amd.Im., SH. dan diikuti oleh pejabat struktural, ASN, dan CASN Kantor Imigrasi Mimika serta peserta magang. Apel dilaksanakan dengan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan memakai masker.

Dalam amanatnya, Kakanim mengajak kepada seluruh ASN kantor Imigrasi Mimika untuk bersyukur kepada Tuhan karena pada apel tersebut masih dalam keadaan sehat sehingga dapat terus mengabdi kepada bangsa dan negara.

Kakanim mengingatkan untuk terus menjaga komitmen bersama sesuai dengan janji kinerja yang sudah diucapkan bersama-sama setiap apel pagi. “Agar janji kinerja yang sudah diucapkan bersama-sama dapat diimplementasikan dalam setiap tugas dan pekerjaan demi tercapainya target-target kinerja Kementerian hukum dan HAM melalui kantor wilayah Kemenkumham Papua.”

Kakanim juga mengingatkan bahwa dalam masa pandemi Covid-19 seluruh ASN harus tetap bersemangat dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. “Pandemi Covid-19 tidak boleh mengurangi semangat untuk bekerja dan berkinerja serta mengabdi kepada bangsa dan negara dalam bidang keimigrasian.”

Selanjutnya terkait tugas dan fungsi keimigrasian, Kakanim mengingatkan kepada petugas pelayanan bahwa ruang pelayanan yang baru masih butuh penyempurnaan. Seiring berjalannya waktu kekurangan-kekurangan akan dilengkapi. Kakanim berpesan untuk ruang pelayanan tersebut agar terus dirawat dan dijaga terutama keindahan dan kebersihan di ruang pelayanan. Kepada petugas pelayanan paspor dan izin tinggal serta petugas Customer service, Kakanim berpesan untuk selalu responsif, fleksibel, menjaga performance dan selalu tegur sapa. “Kepala seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal, saya harapkan agar selalu diawasi dan dikontrol kebersihan ruangan, pekerjaan, serta tugas-tugas dari staffnya. Layani masyarakat dengan 3S (Senyum, Sapa, dan Salam). Jangan mempersulit dan lebih baik mempermudah layanan.” pesan Kakanim. “Update selalu informasi-informasi keimigrasian terutama yang terkait dengan tata cara, biaya dan prosedur keimigrasian. Sehingga informasi yang disampaikan sudah sesuai dengan aturan yang terbaru.”

Selanjutnya, untuk pelayanan terkait penyebaran informasi kepada masyarakat, Kakanim berpesan untuk selalu update informasi yang ada di website dan sosial media Kantor Imigrasi Mimika. “Kepala seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian saya harapkan untuk selalu update dan selalu berinovasi. Untuk informasi-informasi yang sudah disampaikan kepada masyarakat untuk dibuat kembali dalam bentuk dan tampilan yang lebih menarik.” ucap Kakanim. “Pada era digital saat ini, teknologi informasi dan komunikasi harus selalu terdepan dalam memberitakan dan menginformasikan tugas-tugas keimigrasian kepada masyarakat.”

Kakanim mengingatkan bahwa sebagai ASN Kementerian Hukum dan HAM harus selalu bekerja dan berkinerja dengan baik. Kakanim kembali mengingatkan untuk selalu bekerja dengan sungguh-sungguh. Bekerja untuk diri sendiri, keluarga dan Tuhan YME. Selain itu, sebagai aparat negara harus selalu mempunyai rasa memiliki (sense of belonging) dan rasa bertanggung jawab (sense of responsibility). Bekerja dengan target-target yang sudah ditentukan dan berpikir out of the box sesuai arahan Menteri Hukum dan HAM. Kakanim memberi contoh dengan berdirinya Klinik Pengayoman di Kantor Imigrasi Mimika membuktikan bahwa pelayanan kesehatan pun bisa ada di Kantor Imigrasi Mimika dan tidak hanya mengenai pelayanan paspor dan izin tinggal. Hal ini sesuai dengan salah satu fungsi imigrasi yaitu fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat. Terlebih lagi menurut Kakanim di masa pandemi seperti ini, Klinik Pengayoman merupakan salah satu bagian penting yang dibutuhkan masyarakat karena saat ini kesehatan merupakan hal yang sangat berharga.

Terakhir, Kakanim berharap Kantor Imigrasi Mimika dapat meraih predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) pada tahun 2021. Kakanim berpesan agar seluruh data-data pendukung, dan kekurangan-kekurangan yang masih belum dilengkapi, bisa segera dilengkapi dan kegiatan-kegiatan pendukung yang masih belum dilaksanakan bisa segera dilaksanakan pada tahun 2021.

Di akhir amanatnya, Kakanim mengimbau untuk selalu menjaga kesehatan dan mengikuti protokol kesehatan di antaranya, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, memakai masker, dan menjauhi kerumunan. “Semoga kita semua beserta keluarga di rumah selalu diberikan kesehatan, sehingga kita semua dalam bekerja di kantor ini selalu bekerja dengan senang hati dan selalu dalam perlindungan Tuhan YME.” tutup Kakanim.

HUMAS KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI MIMIKA
WEB : mimika.imigrasi.go.id
IG & TWITTER : @imigrasi_mimika
FB : imigrasi mimika
Youtube : imigrasi mimika official
Whatsapp : 0811 4911 221

#DitjenImigrasi #ImigrasiJagaNegeri #KemenkumhamRI

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.