Mimika – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika menggelar Apel Pagi, Senin 03 Agustus 2020 bertempat di halaman Kantor Imigrasi Mimika. Apel dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Mimika, Jesaja Samuel Enock, dan diikuti oleh pejabat struktural, serta seluruh ASN Kantor Imigrasi Mimika.

Sebelum apel dimulai, dilaksanakan latihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) untuk melatih kekompakan dan olahraga untuk menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Dalam Apel tersebut seluruh peserta apel memakai APD (Alat Pelindung Diri) berupa masker, dan sarung tangan serta pelindung lengan panjang. Apel dimulai dengan pembacaan Panca Bakti Insan Imigrasi dan Deklarasi Janji Kinerja 2020 yang diikuti oleh seluruh peserta Apel.

Dalam amanatnya, Kakanim mengimbau kepada tim Pokja WBK Kantor Imigrasi Mimika untuk terus memantau aplikasi E-RB jika terdapat update (pembaruan) informasi terkait pengunggahan berkas di dalam aplikasi tersebut. Kemudian, Kakanim berpesan kepada masing-masing ketua bidang untuk latihan presentasi terkait dengan bidang-bidang tugas masing-masing. Ketua tim Pokja juga diharapkan agar terus aktif di dalam koordinasi dengan anggota tim dan juga berkoordinasi dengan tim Pokja Kanwil Kemenkumham Papua jika nantinya ada perbaikan-perbaikan terkait dokumen yang perlu dilengkapi.

Kemudian, untuk pelaksanaan pelayanan WNI maupun WNA baik itu di Lalintalkim, Tikkim, maupun Inteldakim untuk terus menjaga citra dan nama baik Kantor Imigrasi Mimika. Hal ini terkait penilaian masyarakat kepada Kantor Imigrasi Mimika sehingga diharapkan seluruh ASN untuk menjaga etika dan integritas dalam setiap pelayanan dan hindari hal-hal yang dapat merusak nama baik institusi dan diri sendiri. Hal ini juga terkait Janji Layanan yaitu Kepastian Persyaratan, Kepastian Biaya dan Kepastian Waktu Penyelesaian dan penerapan SOP (Prosedur Operasional Tetap) pelayanan. Hal ini tidak hanya untuk pelayanan paspor dan Izin Tinggal, namun juga ketika melaksanakan kegiatan pengawasan di lapangan serta ketika melaksanakan BAP (Berita Acara Pemeriksaan) agar dilakukan dengan integritas dan profesional dann proporsional. Begitu juga dengan bagian CS (Customer Service) dan juga pelaksanaan penerimaan laporan pengaduan masyarakat agar setiap laporan yang diterima dilakukan proses pembuatan berita acara dan diteruskan kepada seksi yang berhubungan dengan laporan pengaduan. “Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama untuk menjaga integritas dan nama baik Kantor Imigrasi Mimika. Semoga di tahun ini Kantor Imigrasi Mimika bisa mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi dan di tahun depan bisa selanjutnya dapat meningkat untuk mendapat predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Jika hal tersebut dapat dilakukan maka akan menjadi suatu kebanggaan bagi kita semua yang bekerja di Kantor Imigrasi Mimika ini.” Kata Kakanim. Kakanim mengingatkan bahwa WBK tidak sekedar hanya di atas kertas dokumen saja namun harus diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, Kakanim mengingatkan untuk pelaksanaan kedinasan sehari-hari agar ASN Kantor Imigrasi saling memperhatikan dan menjaga jangan sampai terjadi hal-hal yang saling bersinggungan satu dengan yang lain. “Mari kita bekerja dengan semangat dan prinsip saling menghormati dan menghargai. Jangan segan-segan untuk menegur kepada temannya yang berbuat salah sehingga kita bekerja untuk sama-sama menjaga dan mengingatkan untuk menghindari kesalahan, bukan untuk memelihara kesalahan.” Kata Kakanim. Kemudian Kakanim mengingatkan kepada Kepala sub bagian Tata Usaha dan Kepala Urusan Kepegawaian untuk memperhatikan dan mengingatkan kepada seluruh ASN terkait absensi dan jurnal harian. Selain absensi mandiri, Kakanim memerintahkan kepada Kaur Kepegawaian agar membuat absensi manual harian. Hal ini untuk mengecek kehadiran ASN yang sudah melakukan absensi mandiri melalui aplikasi SIMPEG.

Yang terakhir, Kakanim mengimbau agar terus menjaga kesehatan dan terus mematuhi protokol kesehatan baik di kantor, di rumah maupun di mana saja berada. Selain itu, Kakanim juga berpesan agar selalu bekerja dengan semangat dalam menjalankan tugas sehari-hari. “Semoga apa yang kita lakukan dalam bekerja dan melaksanakan tanggung jawab ini dapat menjadi ibadah dan dapat meningkatkan berkat bagi keluarga dan dalam kehidupan kita sehari-hari”, pungkas Kakanim.

Kegiatan diakhiri dengan doa bersama.

HUMAS KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI MIMIKA
WEB : mimika.imigrasi.go.id
IG & TWITTER : @imigrasi_mimika
FB : imigrasi mimika
Youtube : imigrasi mimika official
Whatsapp : 0811 4911 221

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.