Mimika – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika menggelar Apel Jam Pimpinan pada Rabu, 22 Juli 2020 pukul 14.00 WIT bertempat di Aula Kantor Imigrasi Mimika. Apel dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Mimika, Jesaja Samuel Enock, dan diikuti oleh pejabat struktural, serta seluruh ASN Kantor Imigrasi Mimika.

Dalam amanatnya, Kakanim mengimbau kepada seluruh ASN Kantor Imigrasi Mimika untuk menjaga dan meningkatkan kedisiplinan pelaksanaan Apel Pagi maupun Sore yang selama ini sudah berjalan dengan baik. “Kegiatan Apel merupakan momen pimpinan untuk menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas dan fungsi serta sebagai sarana untuk menginformasikan capaian-capaian kinerja atauapun rencana-rencana yang akan dilaksanakan yang harus diketahui oleh seluruh ASN Kantor Imigrasi Mimika.” Ucap Kakanim.

Selanjutnya, Kakanim mengingatkan tentang kinerja di setiap Seksi dan Sub Bagian Tata Usaha. Kakanim mengingatkan kepada Seksi Lalintalkim :
1. Dalam pelaksanaan pelayanan masyarakat dalam hal penerbitan paspor dan izin tinggal agar memperhatikan penerapan protokol kesehatan terhadap para pemohon;
2. Tetap berkomitmen terhadap janji pelayanan yaitu, Kepastian Waktu, Kepastian Persyaratan dan Kepastian Biaya;
3. Hindari hal-hal yang terkait dengan pungutan liar. Lakukan pelayanan masyarakat dengan hati, secara tulus dan ikhlas;
4. Pedomani peraturan-peraturan keimigrasian yang dikeluarkan selama masa pandemi Covid-19 berkaitan dengan penerbitan paspor dan izin tinggal, agar dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan benar;
5. Melaksanakan dan meningkatkan inovasi terkait pelayanan antara lain :
– KAMI PAPEDA (Kanim Mimika Pelayanan Paspor Emergency dan Darurat)
– KAMI PALING OKE (Kanim Mimika Paspor Keliling Orientasi Keterjangkauan)
– KAMI PRIMA (Kanim Mimika Prioritas Melayani)
Diharapkan dengan adanya inovasi-inovasi tersebut meningkatkan pelayanan keimigrasian sesuai harapan masyarakat.

Selanjutnya kepada Seksi TIKKIM, Kakanim mengapresiasi kinerja kehumasan Kantor Imigrasi Mimika dan mengimbau untuk meningkatkan kinerja yang sudah ada. Kakanim juga mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh seksi TIKKIM yaitu layanan KAMI IWAKA (Kanim Mimika Informasi Whatsapp Keimigrasian), diharapkan dengan inovasi tersebut semakin memudahkan masyarakat memperoleh informasi keimigrasian maupun pengaduan masyarakat dan untuk memfasilitasi inovasi-inovasi yang ada di pelayanan paspor dan izin tinggal. Selain itu, Kakanim juga berpesan agar sinergitas dengan instansi lain tetap dijaga dan ditingkatkan agar memudahkan koordinasi pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian.

Kemudian untuk Seksi Inteldakim, Kakanim mengingatkan untuk segera mendeportasi satu orang deteni warga negara China mengingat saat ini sudah dibukanya penerbangan dan untuk itu agar terus berkomunikasi dengan Kedutaan China di Jakarta.

Yang terakhir, untuk Sub Bagian Tata Usaha Kakanim mengingatkan untuk Urusan Kepegawaian memonitor absensi dan jurnal harian, Urusan Keuangan Kakanim mengingatkan untuk rekapitulasi Refoccusing Anggaran terkait Covid-19, dan untuk Urusan Umum, Kakanim mengingatkan untuk mendata Barang Milik Negara (BMN) yang kondisinya baik dijaga, yang rusak kalau bisa diperbaiki agar segera diperbaiki, kalau tidak bisa diperbaiki segera lakukan penghapusan sehingga tidak terjadi penumpukan di Gudang BMN, melakukan administrasi pengaturan pengeluaran BMN sesuai dengan kebutuhan dan kepada seluruh operator keuangan (SMART, SAIBA, E-Monev, SAS, dan SAKTI) maupun BMN untuk bekerja maksimal agar rencana kerja dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Kakanim juga mengingatkan untuk seluruh ASN Mimika bahwa Kantor Imigrasi Mimika merupakan salah satu Kantor Imigrasi di Papua yang diusulkan mendapat predikat WBK. Sehingga, penerapan Area Perubahan sudah seharusnya dilaksanakan. Selain itu, Kakanim juga mengingatkan kepada Tim Pokja untuk mengevaluasi area perubahan yang sudah dilaksanakan dan area perubahan yang harus ditingkatkan. Kakanim berharap agar seluruh ASN di Kantor Imigrasi untuk menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam bekerja. “Kita semua di Kantor Imigrasi Mimika harus bekerja bersama-sama dan bersama-sama bekerja. Saya harap Kantor Imigrasi Mimika tidak berhenti dan puas hanya dengan predikat WBK, namun juga WBBM di tahun-tahun mendatang.” Ucap Kakanim dalam amanatnya.

Dalam Apel Jam Pimpinan tersebut, diputarkan video motivator untuk memberikan semangat dan motivasi ASN Kantor Imigrasi Mimika dalam bekerja. Selain itu, Kakanim juga memberikan Reward (Penghargaan) kepada ASN yang dinilai berkinerja baik periode Januari – Juni 2020 berdasarkan absensi, jurnal harian dan SKP di setiap Seksi maupun Sub Bagian Tata Usaha. Kakanim berharap agar para ASN yang dinilai berkinerja baik dapat memberi tambahan semangat dan motivasi kepada ASN yang lain agar bekerja dengan semakin baik. “Saya berharap agar ASN yang tidak mendapat penghargaan bisa terpantik semangatnya dan bisa bekerja dan berkinerja sehingga di periode penilaian mendatang bisa mendapat predikat sebagai ASN berkinerja baik/teladan.” Ucap Kakanim setelah memberikan penghargaan.

Sebelum mengakhiri Apel, Kakanim berpesan untuk menjaga semangat, kebersamaan, dan kekompakan serta senantiasa bekerja dengan mengacu dan berpedoman pada tata nilai PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergis, Transparan dan Inovatif).

HUMAS KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI MIMIKA
WEB : mimika.imigrasi.go.id
IG & TWITTER : @imigrasi_mimika
FB : imigrasi mimika
Youtube : imigrasi mimika official
Whatsapp : 0811 4911 221

#KemenkumhamRI #DitjenImigrasi #ImigrasiMimika #ImigrasiJagaNegeri #ApelPimpinan

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.